Part Time Job!

Hello Folks, gua menulis draft ini ditengah jengahnya jam kerja part time gua, ini sambungan dari post Part Time Job For Students sebelumnya yang gua post di Tumblr sejak lama sekali. Kalo waktu itu gua masi totally Blind about the part time job, it means i wrote down what i think about it, and now, its added some of knowledge and experiences.

So kayanya ga asik aja if you go abroad and you dont try “part time job”. Kalo misalnya temen-temen di Indonesia itu mikir berkali-kali buat kerja, sama gede banget gengsinya, malah disini kebalikannya. Just swallow your pride! ga ada ruginya ko buat sekedar lap-lap meja sepulang kuliah, jam kerjanya cuma 4 jam. Selain nambah uang saku, yang kalo disini uangnya lumayan banget, nambah banyak hal juga. Misalnya aja, jadi nambah temen, belajar bahasa, belajar sesuatu yang baru, sampe belajar masak! Tapi tentu aja uang bukan alesan sebenernya, kerja part time itu walopun ga full, seengganya bikin kamu tau capenya nyari uang itu gimana, gimana rasanya dibawah tekanan atasan, gimana sifat kerja di negara yang kita tinggalin, sampe tentu aja belajar mandiri. Tapi biasanya negara mengatur ini (iya loh, kerja part time itu diatur negara) supaya pelajar bisa punya etos kerja yang bagus dan bekerja keras sejak dini, makanya ga aneh kayanya kalo dalam hal ekonomi, barat itu ada di depan.

Disini nyari kerja sambilan gampang banget ga kaya di Indonesia, mungkin karena, kalo menurut gua, kalopun ada lowongan di Indonesia, ya kesempatannya lebih mendingan buat orang-orang yang nganggur daripada buat pelajar. Kalo disini, ya karena uda ada aturannya jadi patuh-patuh aja, walopun terkadang atasan yang baik itu tetep mempress kita buat belajar, karena itulah tujuan kita jauh-jauh dari Indonesia. Disini, kamu bisa liat-liat mading khusus buat lowongan kerja, denger dari temen, ato nanya langsung juga ga haram. Beda lagi kalo pas musim panas ato musim dingin, teme-temen bisa kerja full time karena libur panjang, dan biasanya pabrik, perusahaan ato restoran butuh banget tenaga kerja! Kalo masalah gaji, kalo disini gajinya disamain sama yang full time ga ada bedanya, jadi kalo yang full time gajinya 10 euro per jam, ya yang part time juga. Saya cuma boleh kerja 20 jam seminggu, 4 jam sehari, jadi saya punya 2 hari libur, dan uangnya lumayan banget 8 Eurox4x5, nah per minggunya saya dapet 160 euro tinggal dikali 12000 aja ke rupiah.

Tapi, inget dong tugas kita sebagai pelajar, nah kerja part time ini juga nuntut kita punya time and self management yang baik, gabisa dong kita selengean, bisa-bisa kita di deportasi, hehehehe, ga separah itu sih, cuman ya ga ada hasilnya aja jauh-jauh pergi dari Indonesia. So far, yang saya dapetin dari part time, selain uang adalah capenya nyari uang, maafkan saya ayah dan ibu, karena menyia-nyiakan uang kalian! selain itu, saya bertemu banyak orang, yang bikin pengetahuan saya sedikit lebih luas, bicara dari spanyol, italia, sampe russia, walopun cuman basicnya doang, dan hal kecil itu sangat berpengaruh kaya senyum, sapa, dan belajar buat bilang ga bisa kalo emang ga bisa. Well cukup gitu dulu tentang part time nya ya!

This entry was published on April 15, 2012 at 4:12 am and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Say Something

