Ramadhan

Image

 

Ramadhan Mubarak!!!! Alhamdulillah akhirnya saya sampai juga ke Bulan Penuh Hikmah untuk ke sekian kalinya dalam hidup ini. Tapi seringkali saya takut ngadepin bulan puasa kali ini, kenapa Je? oh guys, its my first Ramadhan alone, without my family and my friends. I don’t really mean that I will be that alone, Allah is closer that everyone thinks. but hey physically i’ll be alone, and the fact that i’ve only been here for a few months. i have some questions in my mind. What would i eat, since i cant cook at all? what should i do all day? how would it be since im a minority here? What about the fact that i have to fast longer that i used to?

so that’s out.

Kalo biasanya di rumah sebelum Ramadhan itu suasananya udah beda, TV-TV menggaungkan si Bulan Suci, anak-anak berterika-teriak dan lari-lari sekitar masjid, what is it like here? nothing. Hari-hari disini seperti hari Senin pertama sekolah setelah sekian lama libur. sibuk. bergerak. Dan pas dikasi tau kalo puasa disini itu dari jam 3 subuh sampe jam 9 malem, saya awalnya shock dan bimbang kuta engga, kuat engga, kuat engga. Karena seriusan sedari kecil saya mikir kalo puasa ya sama dimana-mana dari jam5 sampe jam 6 sore. Ini karena jatuh di musim panas yang notabene siangnya lebih lama, bahkan di Norwegia bisa sampe 20 jam coy! lebih ngeri lagi, jadwalnya akan terus memanjang sampai puncaknya di 2015. challenge is being considered.

Semuanya berjalan kaya ga ada apa-apa, dan karena musim panas, semuanya buka-bukaan, siapa yang tahan coba ya?  pertama kali puasa aneh sekali karena ga denger suara imshak, dan hampir keenakan makan. Dari subuh ke Dzuhur yang jam setengah dua rasanya lamaa banget, belum lagi ashar setengah enem, dan magrib di jam 9. Kadang lupa aja gitu ngerjain sesuatu, ato pergi kemana, kaya masih siang padahal kalo aslinya udah malem, sampe-sampe ga nyiapin buka dan makan seadanya kalo nyampe kamar. Makanya rada susah buat solat taraweh sama isya yang kalian bisa bayangin adzannya jam setengah 12 malem. Harus bisa manage waktu gimana supaya saur ga kesiangan. huh.
But so far im all alright. safe. alive. There’s nothing to worry about, and it becomes such an amazing experience, How Idul Fitr Would be? have no clue.

This entry was published on July 21, 2012 at 7:27 am and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Say Something

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: