Sekolah Kemana?

Ini adalah ser kedua dari tulisan Tentang Kuliah jadi yang belum baca, silahkan klik dan baca tulisan tersebut terlebih dahulu. Gimanah nih, udah dapet passion, path, sama jurusannya? Udah ditempel? udah dapet gambaran kuliah di jurusan itu kaya gimana?

Kalo udah, selanjutnya yang mau saya bahas adalah kuliah kemana? ga cuman tentang kampus negri atau swasta, tapi jga mempertimbangkan tentang kuliah di luar kota atau bahkan luar negri, why not?

Hal pertama yang biasanya saya lakukan adalah, saya membuat penelitian kecil, saya cari dimana kampus terbaik untuk belajar jurusan yang saya mau itu, ga mesti negri. Misalnya, no offense, arsitektur unpar lebih ketat dari arsitektur ITB secara persaingan, nah fakta-fakta seperti itu yang harus di dapat. Abis itu saya bikin rangking sendiri, tambahin detilnya kaya daya tampung, syarat masuk, dan sebagainya. Syarat-syarat itu jadi target buat saya setahun kedepan buat dikuasai. Absi itu, buat perbandingan tiap kampus, dari fasilitas, biaya, prospek lulusannya, nah nati kalian tau sendiri yang mana yang harus kalian coret dari list kalian. Gimana kalau kampus terbaiknya ada diluar kota ka zae? nah ini jadi pertimbangan selanjutnya buat adik-adik sanggup apa engga di luar kota, sanggup hisup mandiri atau engga? tapi positifnya, kalian akan tumbuh secara mandiri, ga ketergantungan, yang emang harus dimiliki seorang mahasiswa. Negatifnya juga banyak, kalau kita ga pinter-pinter jaga diri, pergaulan bebas jadi salah satu ancaman, tapi kalau ingat tujuan awal insya Allah bakal lancar.

Kalau keluar negri? Wah apalagi ini, ga cuman beda kota, beda pulau, tapi juga beda negara. Saya mau sedikit jelasin kenapa saya pilih luar negri.

1. Cultural Diversity

Saya seneng mengenal banyak orang dari berbagai latar belakang, ketika kalian belajar ke luar negri kalian tentu aga akan cuman ketemu sama orang Indonesia, tetapi hampir dari seluruh dunia, amerika, australia, china (yan ada dimana-mana), jepang, italia, inggris, dan banyak negara lainnya. Saling bertukar cerita, saling ajarin bahasa (walopun bahasa pertama yang saya pelajarin pasti tentang hal-hal jorok -_-). Kita juga bisa tau cara berpikir orang-orang tersebut, yang seengganya memperluas wawasan dan merubah pola pikir.

2. Kualitas dan Fasilitas

Yah ga ragu lagi deh kalo soal kualitas, negara-negara di luar berebut rangking dunia, merekrut profesor-profesor terbaik buat jadi pengajar, fasilitasnya juga diutamakan. Kalo di Jerman kita bisa beli Semester Ticket buat tranportasi kemana-mana selama satu smester penuh dengan lebih hemat. Akses gym, perpustakaan, dan sebagainya lengkap.

3. Link

Ketika kita kenal banyak orang dari seluruh dunia, otomatis link kita meluas, ketika kita lulus rasanya gampang, kalo ke negara ini saya bisa ketemu si ini, atau bahkan bisa kerja sama.

4. Menyelam Minum Air

Jalan-jalan. Iya ga? haha. Belajar di luar negri bisa sambil jalan-jalan dan nambah lagi ilmu baru, budaya baru, dan sebaginya. Dari dulu saya mikir gini, kalo misalnya saya menginjakkan kaki diluar negri diusia 30 keatas buat jalan-jalan ato S2 ato S3, rasanya nyesel aja karena usia segitu buat saya bukan waktunya seneng-seneng (maksudnya rasa senengnya beda, karenya umur segitu banyak tuntutan). Yang belajar di Eropa, bisa memanfaatkan layanan visa schengen yang bisa digunakan buat mengunjungi beberapa negara. Selain itu, ngerasain namanya part time job itu totally menyenangkan, belajar masak masakan sing, (lagi-lagi) kenal orang baru, pengetahuan baru.

Tapi buat yang memilih di dalam negri juga asik ko, misalnya aja saya ga ngerasain yang namanya ospek yang saya pengen banget. Fasilitas kampus dalam negri juga lagi terus dikembangkan, walopun saya ga punya terlalu banyak gambaran.

This entry was published on July 28, 2012 at 7:00 pm and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

One thought on “Sekolah Kemana?

  1. Pingback: Mahasiswi?? « Dua Kali Sewindu

Say Something

